Selasa, 20 Juni 2017

Cara Terbaik Mengatasi Memori Internal Android Penuh dan Android Lemot

Cara Terbaik Mengatasi Memori Penyimpanan Internal Android Penuh - Seringkali sahabat saya mengeluhkan memori internal android nya penuh ketika dia akan meng-install sebuah game ataupun aplikasi,walau memang memori internal sahabat saya memang kecil tapi hal itu cukup mengherankan karena ruang yang tersisa sebenarnya masih banyak tersisa namun tetap saja selalu keluar kata kata Memori penyimpanan internal penuh. Cukup menjengkelkan ?

Bagi kalian pengguna android yang benar benar paham atau mengerti dengan ponsel kalian,pastinya kalian tidak heran kenapa memori kalian penuh.Tapi bagi kalian yang tidak mau ambil ribet untuk mengetahui isi smartphone android kalian,pasti kalian tidak akan tau mengapa memori internal kalian tiba tiba penuh. Hal itu memang wajar.
Cara Terbaik Mengatasi Memori Internal Android Penuh dan Android Lemot
Cara Terbaik Mengatasi Memori Internal Android Penuh dan Android Lemot
Jadi langsung saja, kali ini saya akan mengulas Cara Terbaik Mengatasi Memori Penyimpanan Internal Android Penuh yang pastinya cukup membantu kalian dalam mengatasi masalah memori internal android.
OH ya, cara ini juga berkerja untuk mengatasi Android kalian yang lemot, kenapa? karena kedua masalah ini berhubungan,apabila memori internal penuh maka performa hp akan menurun karena banyaknya aplikasi yang memakan memori ataupun ram,jadi dengan mengikuti langkah-langkah saya ini,saya harap masalah Android Lemot dan memori Internal yang selalu penuh bisa teratasi.

1. Hapus Segala Aplikasi yang Tidak Kalian Butuhkan 

Zaman sekarang ini, siapa saja dapat mengunduh ribuan aplikasi yang tersedia di Playstore sehingga lupa memori internal mereka sudah penuh karena menginstall aplikasi terlalu banyak.Oleh karena itu biasakan mendownload aplikasi yang diperlukan dan kalau sudah tidak terpakai silahkan hapus saja daripada memakan memori internal kalian.
uninstall aplikasi android
uninstall aplikasi android

Tetapi ada aplikasi yang tidak bisa dihapus melainkan hanya bisa di matikan,namanya yaitu Bloatware. tapi sebenarnya kalian bisa menghapusnya kok,dengan syarat kalian harus me root android kalian,untuk cara me root Android,kalian bisa klik link ini : Cara Termudah dan Teraman Root Semua Android Tanpa PC 

2. Membersihkan Cache Android Kalian

Cache adalah tempat penyimpanan sementara yang dihasilkan oleh sebuah aplikasi android yang kalian install. Jadi hal yang perlu kalian lakukan adalah membersihkannya karena tidak semua cache aplikasi benar benar kalian butuhkan.Caranya cukup mudah,kalian hanya perlu pergi ke pengaturan Android kalian,lalu pilih aplikasi apa yang memakan cache terlalu banyak dan hapus. cara ini tergolong efektif mengurangi file sampah dalam smartphone kalian.
hapus cache aplikasi android
hapus cache aplikasi android
ingat,dalam membersihkan cache,kalian tidak usah menggunakan aplikasi pembersih pembersih yang ada di Playstore,saya hanya sarankan,dan keputusan tetap ditangan kalian.

3. Jangan Gunakan Aplikasi Battery Saver, Antivirus,Aplikasi Penghemat RAM sampai Aplikasi Percepat Android

Saya sangat mendukung apabila kalian meniru cara saya ini, cara ini sudah saya gunakan selama 2 tahun memakai Asus Zenfone 5, hasilnya? Zenfone 5 saya tidak pernah terkena virus,lemot bahkan boros berlebihan ( Asus Zenfone 5 memang terkenal boros,jadi memang wajar kalau boros,tapi ingat! hp saya tidak boros berlebihan ) .

 ada berapa penjelasan logis yang mendukung pernyataan saya ini,yaitu:
  • Android tidak perlu menggunakan antivirus sebenarnya,akrena ketika kalian mendownload aplikasi ataupun game dari Playstore,berarti kalian telah mendownload aplikasi yang aman virus,karena Playstore sendiri sangat ketat dalam menyeleksi aplikasi dan game.
  • Lalu untuk menghemat RAM android sebenarnya sudah menghematnya secara otomatis dan tahu kapan aplikasi harus dijalankan atau tidak,jika kalian menggunakan aplikasi penghemat RAM maka itu akan membuat Ponsel kalian tidak stabil karena menjalankan dan menghentikan aplikasi seenaknya saja.
  • Kemudian untuk penggunaan aplikasi penghemat baterai,kalian tidak perlu menggunakannya,karena pada dasarnya, kalian tidak bisa memaksa baterai smarthphone kalian untuk bertahan lebih lama,karena baterai memiliki kapasitas.Meskipun ada aplikasi baterai yang meng-klaim benar-benar bisa menghemat baterai,tapi pada akhirnya mereka hanya menghentikan proses aplikasi yang berjalan secara Background.
  

4. Apabila kalian Perlu Ruang Lebih Kalian Bisa Memakai Penyimpanan Cloud

simpan data di cloud
Simpan data di cloud
Bagi kalian yang punya banyak file,saya rasa kalian perlu mencoba layanan Cloud yang sudah banyak bertebaran, Cloud ternama seperti Google Drive,DropBox,One Drive bisa kalian pakai gratisan maupun berbayar,layanannya tetap sama cuma yang membedakan adalah penyimpanan yang ditawarkan oleh masing masing cloud.

5. Tidak Percaya dengan Kemanan Cloud? Bisa menggunakan MicroSD

Cara Terbaik Mengatasi Memori Internal Android Penuh dan Android Lemot
Cara Terbaik Mengatasi Memori Internal Android Penuh dan Android Lemot
Cara ini memang lebih aman daripada Cloud,namun kartu microSD sering kali hilang ataupun rusak bagi mereka yang ceroboh pastinya, tapi tiap tiap smartphone android memiliki batas penambahan memori microSD masing masing, ada yang hanya 16 GB bahkan sampai 126 GB, Jadi cara ini juga ampuh membantu mengurangi isi memori internal kalian,sehingga performa smarthphone kalian lebih baik.

Dan apabila sudah punya microSD, sesegera mungkin pindahkan segala foto dan video kalian ke memori,karena saya yakin, Foto dan Video adalah salah satu file yang membuat memori internal kalian penuh .

6. Hindari Aplikasi Sehari Hari yang Lapar RAM

Cara Terbaik Mengatasi Memori Internal Android Penuh dan Android Lemot
Cara Terbaik Mengatasi Memori Internal Android Penuh dan Android Lemot
Menggunakan Aplikasi semacam Facebook dan Twitter serta beberapa sosmed lainnya tentu akan mendapatkan fitur dan tampilan yang keren, tapi tahukah kalian,aplikasi sehari hari itu sangat boros dan sangat lapar,mereka menyedot kuota mu dan juga menyedot RAM dan memori kalian. Untuk itu hindari penggunaan aplikasi tersebut,daripada memakai aplikasi tersebut mending kalian menggunakan versi websitenya yaitu membukanya di Browser,memang kalian kehillangan beberapa fitur tapi kalian akan menghemat kuota dan memori kalian.


7. Biasakan Selalu Update System Software

Cara Terbaik Mengatasi Memori Internal Android Penuh dan Android Lemot
Selalu update system software
 Melakukan update system software sangatlah perlu,karna setiap update akan berisi pembaharuan dan perbaikan bug pada smarthpone kalian,jadi sangat disarankan untuk meng-update nya dan jangan lupa download updatenya pakai WIFI ya.

Jadi itulah artikel kali ini, klik bagikan dan like agar teman teman dan keluarga kalian bisa tau akan artikel yang bermanfaat ini.Terima kasih.


EmoticonEmoticon